Berita Terbaru

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Auto Draft

thumbnail | reogify.id

Lomba Video: ACES STEM Bucket Challenge

Halo, sobat ACES Indonesia! Ada info penting nih, simak baik-baik ya! ACES Indonesia akan mengadakan kompetisi video dengan hadiah jutaan rupiah lho di bulan Maret ini! Kompetisi video ini diadakan oleh ACES Indonesia dengan tujuan untuk memperkenalkan model pembelajaran gamification, membangun jiwa resiliensi belajar, memperkaya pengetahuan tentang STEM, dan mendorong kreativitas siswa beserta wali siswa. […]

thumbnail | reogify.id

Buku ACES

Buku-ACES-Indonesia-Version.pdf

thumbnail | reogify.id

Misi Menyelamatkan Bumi : Penjernihan Air Secara Sederhana

Krisis air bersih yang dibiarkan dan tidak ditangani sejak dini dapat menciptakan dunia tanpa air. Krisis air bersih terjadi saat kebutuhan air bersih lebih tinggi dibandingkan tingkat ketersediaannya. Hal ini banyak terjadi di negara berkembang, termasuk Indonesia. Pertumbuhan industri di negara berkembang menjadi salah satu faktor penyebab krisis air bersih karena pembuangan limbah industri sering […]

thumbnail | reogify.id

Profesor Kecil Membuat STEM

Water Purification ACES INDONESIA rev (1)

thumbnail | reogify.id

ACES Gamification Seminar #6

STEM WITH NATURE LOOSE PART Bersama… Betty Yulia Wulansari – Universitas Muhammadiyah Ponorogo Rochmat Aldy Purnomo – Universitas Muhammadiyah Ponorogo Moderator dan Pemantik Diskusi Selasa, 27 Juli 2021 Virtual Meeting Mulai jam 08.00 – selesai (WIB) Pendaftaran : https://s.id/ACES-INA6 Gabung di WAG ACES Indonesia untuk informasi terbaru mengenai berita dan kegiatan seminar yang diadakan oleh […]

thumbnail | reogify.id

REFLEKSI PENDIDIKAN DIBALIK PANDEMI COVID-19

Lebih dari setahun pandemi covid 19 kita hadapi. Pembatasan aktivitas di luar rumah, kegiatan interaksi yang beralih menggunakan aktivitas daring menjadi solusi yang bisa kita lakukan agar pandemi ini segera berakhir. Hal ini juga berlaku pada lembaga pendidikan dengan dilakukannya kegiatan pembelajaran jarak jauh. Beberapa kebijakan pemerintah dibuat agar proses pembelajaran tetap sesuai dengan tujuan […]

thumbnail | reogify.id

PROYEK STEM UNTUK ANAK-ANAK YANG SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN

STEM adalah langkah awal anak untuk menjelajahi ilmu sains,teknologi, teknik dan matematika secara sederhana dan nyata. Anda dapat mencari dan melihat banyaknya kegiatan STEM untuk segala usia anak baik melalui internet, buku ataupun pengalaman teman pendidik yang lain. Hal yang menjadi kelemahan dalam implementasi pendekatan STEM adalah ‘bagaimana memilih kegiatan yang sesuai dengan usia anak?’ […]

thumbnail | reogify.id

Menanamkan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran STEM Melalui Materi Alami

Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dalam pendidikan dinilai mampu memenuhi tuntutan sumber daya manusia berkualitas yang mampu bersaing secara global di masa depan. Anak dilatih untuk mencari solusi setiap permasalahan dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis, memanfaatkan teknologi, dan memiliki keterampilan ilmiah. Penerapan pendekatan STEM tentunya harus disesuaikan dengan tingkat tumbuh kembang anak, usia, […]

thumbnail | reogify.id

Pendidikan Berkualitas dengan Permainan Menyenangkan berbasis Sains, Teknologi, Teknik (Engineering), dan Matematika (STEM)

STEM merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang terintegrasi antara aspek Sains, Teknologi, teknik (engineering), dan matematika. Pendekatan STEM lebih menfokuskan pada proses pemecahan masalah nyata dalam kehidupan sehari –hari dengan mengembangkan berbagai aspek sikah, pengetahuan dan keterampilan serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis. STEM sendiri diharapkan mampu mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang memenuhi kemampuan untuk bertahan […]

thumbnail | reogify.id

Maksimalkan Pembelajaran Sekolah di Era New Normal

Pandemi secara tidak sengaja membawa resolusi pendidikan dalam kegiatan belajar. Kelas – kelas konvensional secara mendadak berubah menjadi kelas-kelas digital. Kita menyadari bahwa kecanggihan teknologi mampu memberikan berbagai kebutuhan pendidikan, mempermudah aktivitas pendidikan dan memberikan kesan berbeda dalam penyampaian materi pembelajaran. Melalui kelas – kelas daring mengalangi Interaksi bermakna anak dengan guru, teman sebaya juga […]

thumbnail | reogify.id

Melatih Anak Mengendalikan Teknologi

Mengenalkan teknologi kepada anak memang harus terarah dan membawa manfaat bagi tumbuh kembang anak. jika hal ini tidak terpenuhi, bisa saja anak – anak ketagihan bermain dengan gawainya. Akhirnya, anak akan dikendalikan oleh Teknologi. Dewasa ini banyak kita jumpai berbagai macam alat permainan edukatif dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya Flashcard 4D yang diliris Octagon Studion. […]

thumbnail | reogify.id

Menumbuhkan Minat Dan Cinta Permainan Tradisional Kepada Anak-Anak

Kegiatan bermain bagi anak usia dini  merupakan aktivitas penting yang berpengaruh pada perkembangan anak. Bagi seorang anak, kegiatan bermain bukan hanya aktivitas mengisi waktu namun aktivitas belajar dan mengasah keterampilan. Salah satu kekayaan tradisi yang dimiliki bangsa Indonesia adalah permainan tradisional. Permainan tradisional berkembang di masyarakat lokal dan diturunkan secara turun menurun dari generasi ke […]

thumbnail | reogify.id

MEMANFAATKAN SMARTPHONE DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS GAMIFICATION DENGAN APLIKASI KAHOOT!

Era digital seperti sekarang teknologi dapat dirasakan semua orang dimana saja, baik di desa maupun di kota. Meskipun perkembangan teknologi sudah masuk ke desa – desa dipinggiran kota namun pemanfaatan teknologi masih sebatas aspek rekreasi. Sehingga sering kita jumpai anak-anak memainkan gadgetnya namun hanya sebagai sarana hiburan, belum dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan. Berdasarkan hasil pengamatan […]

thumbnail | reogify.id

Menghapus Kemiskinan dan Kesetaraan Pendidikan Bangsa Indonesia

Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki keberagaman budaya. Budaya tersebut dibedakan dalam kategori benda dan non benda. Kali ini kita akan membahas kekayaan budaya non benda yang memberikan manfaat dalam ilmu pengetahuan dan penghapusan kemiskinan. Kebudayaan tersebut adalah cerita rakyat. Cerita rakyat dikenalkan dan disampaikan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Cerita rakyat biasanya […]

thumbnail | reogify.id

Mengenal Lompat Tali, Permainan Berlevel yang Mengenalkan Kesetaraan Gender Sejak Dini

Permainan Lompat tali merupakan salah satu permainan tradisional yang mengasah fisik motorik anak. permainan ini banyak digemari anak – anak karena memiliki level permainan yang menantang. Permainan lompat tali biasanya dimainkan oleh anak perempuan, namun tak jarang anak laki – laki ikut bermain karena merasa tertantang untuk menunjukkan kehebatan dan ketangkasan mereka. Tempat bermain lompat […]

thumbnail | reogify.id

Melatih Kerjasama Sejak Dini Melalui Permainan Tradisional

Kemampuan kerjasama tim atau teamwork tidak hanya dibutuhkan pada jenjang pendidikan tinggi atau dunia kerja. Kemampuan teamwork seseorang juga digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Kemampuan ini tidak bisa dikuasai seseorang secara instan, perlu latihan secara kontinyu. Hal ini bertujuan agar kemampuan teamwork mudah diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari. Namun sebenarnya anak usia 0-8 […]

thumbnail | reogify.id

Sobyung, Permainan Sederhana Dengan Beragam Manfaat

Sobyung adalah permainan tradisional yang dapat menambah perbendaharaan kata anak. Nama lain permainan Sobyung ialah ABC lima dasar. Permainan ini dapat dimainkan oleh dua anak atau lebih. Tidak ada batasan usia dalam permainan ini, juga tidak ada pembatasan gender. anak laki –laki atau perempuan dapat bermain Sobyung secara bersama-sama atau secara terpisah, asalkan pemain berjumlah […]

thumbnail | reogify.id

Mencintai Tanah Air melalui Permainan Puzzle Nasionalis

Puzzle Nasionalis merupakan alat permainan edukatif yang dikembangkan oleh tim Aces Indonesia. Puzzle ini terdiri atas tiga kelompok gambar yaitu: a) Peta Indonesia, b) Peta pulau di Indonesia, dan c) kekayaan budaya diberbagai daerah di Indonesia. Puzzle nasionalis terbuat dari bahan – bahan sederhana yang ada disekitar kita, seperti kertas stiker, karton/kayu tipis. Puzzle Nasionalis […]

thumbnail | reogify.id

Kesetaraan Ekonomi dalam Permainan Mancala

Congklak (Mancala) merupakan permainan tradisional yang popular di Indonesia. Permainan ini berasal dari daerah timur tengah yang menyebar ke Afrika dan Asia melalui pedagang-pedagang Arab. Coklak diperkirakan sudah ada sejak abad 15-11 SM. Untuk memainkan permainan ini diperlukan papan dhakon dan biji dakon. Papan dhakon berupa papan yang memiliki 14 lubang saling berhadapan, dan dua lubang besar yang saling berseberangan. Sedangkan biji dakon dapat berasal dari kerang, biji buah – buahan, kerikil dll. Jumlah pemain dalam permainan ini dua orang, tidak dapat kurang atau lebih. Masing – masing pemain memiliki kesempatan yang sama di awal permainan.

thumbnail | reogify.id

Mobil Magnet, Inovasi Alat Permainan berbasis Ecofriendly

Mobil magnet merupakan permainan anak usia dini yang ramah lingkungan sekaligus ramah kantong. Mengapa? Karena alat dan bahan yang digunakan untuk membuatnya. Cara pembuatannya cukup mudah, sehingga anda dapat mencoba membuatnya dirumah.

thumbnail | reogify.id

RANGKU ALU, MENYEIMBANGKAN KEMAMPUAN OTAK KANAN DAN OTAK KIRI

Rangku Alu merupakan permainan tradisional yang dimainkan sambil diiringi nyanyian dan tarian. Permainan tradisional ini berasal dari Nusa Tenggara Timur. Permainan Rangku Alu dapat dimainkan oleh semua orang, baik perempuan atau laki – laki, dari anak – anak hingga orang dewasa.

thumbnail | reogify.id

Melatih Kecerdasan Logika Matematika dengan Catur Jawa

Keberagaman budaya di Indonesia juga tercermin dalam beragamnnya permainan tradisional. Permainan tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia tidak hanya permainan untuk melatih fisik atau ketangkasan, namun juga melatih logika dan strategi…

thumbnail | reogify.id

Ketahanan Sosial Melalui Gamifikasi dan Musik

Tim ACES Indonesia telah melaksanakan Workshop Series #2 pada hari Sabtu, 19 September 2020. Workshop series #2 dengan tema “Energize Your Class With Gamification And Music” berlangsung meriah di Laboratorium Reogify Universitas Muhammadiyah Ponorogo…

thumbnail | reogify.id

4 Langkah Mudah untuk Membuat Topeng, Apakah Kamu ingin Mencobanya?

Empat langkah mudah membuat topeng…

thumbnail | reogify.id

Kesetaraan Gender Melalui Permainan Englek

Permainan ini biasa dimainkan di tanah lapang dengan membuat garis berbentuk kotak. Agar dapat bermain, setiap pemain harus memiliki gaco yang berasal dari benda berbentuk pipih dan mudah dilempar. Selain menyenangkan permainan ini juga membawa banyak manfaat…

thumbnail | reogify.id

Workshop Series #2 Energize Your Class with Gamification and Music

thumbnail | reogify.id

Workshop Online #1

“ACES for Developing Social Resilience”

Pembuatan Permainan dengan Botol Bekas.

Pembuatan Topeng Karakter

Permainan Tradisional Indonesia Berbasis Sains

thumbnail | reogify.id

Project Launch Webinar

reogify.id

REOGIFY

Research on Game and Pervasive Play

fbIcontwitterIconinstagramIconyoutubeIcontiktokIcon