RANGKU ALU, MENYEIMBANGKAN KEMAMPUAN OTAK KANAN DAN OTAK KIRI

May 9, 2024

admin
admin
Ponorogo, Indonesia

Rangku Alu merupakan permainan tradisional yang dimainkan sambil diiringi nyanyian dan tarian. Permainan tradisional ini berasal dari Nusa Tenggara Timur. Permainan Rangku Alu dapat dimainkan oleh semua orang, baik perempuan atau laki – laki, dari anak – anak hingga orang dewasa.

Sumber: https://news.ralali.com/17-permainan-tradisional/

 

Cara memainkan permainan Rangku Alu dimerlukan dua tim yang terdiri atas tim penjaga dan tim pemain. Masing – masing tim terdiri atas 4 – 6 orang. Tim penjaga bertugas menggerakkan tongkat bambu sesuai irama. Sedangkan tim pemain bertugas berjalan di sela – sela batang bambu sesuai irama ketukan dan menghindari jepitan bambu. Apabila salah satu anggota tim pemain terjepit batang bambu maka tim tersebut harus berganti tugas sebagai tim penjaga.

Sumber: https://4.bp.blogspot.com/-m3k-dfgvRv8/W5fdgwqUzCI/AAAAAAAACHY/EBkhotXQ2-gVrnEFLrtw7cDUg24D2cmfgCEwYBhgL/s1600/materisekolah

Alat yang dibutuhkan untuk memainkan Rangku alu adalah tongkat bambu. Meskipun  menggunakan alat yang sederhana namun memberikan manfaat yang kompleks dalam permainan ini. Ketukan tongkat bambu selain berguna sebagai alat permainan juga digunakan sebagai alat musik mengiri lagu dan tarian Rangku Alu.

Dibalik keunikan permainan tradisional juga membawa manfaat untuk perkembangan otak. Permainan Rangku Alu dapat menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan otak kiri. Kemampuan otak kanak distimulus melalui logika dan penalaran dari gerakan tongkat bamboo. Sedangkan kemampuan otak kiri distimulus melalui lagu dan tarian dalam bermain. (dep/11.20)

reogify.id

REOGIFY

Research on Game and Pervasive Play

fbIcontwitterIconinstagramIconyoutubeIcontiktokIcon