Kesetaraan Gender Melalui Permainan Englek

May 9, 2024

admin
admin
Ponorogo, Indonesia

Permainan engklek merupakan permainan yang menyenangkan, mudah dengan alat sederhana. Permainan ini biasa dimainkan di tanah lapang dengan membuat garis berbentuk kotak. Agar dapat bermain, setiap pemain harus memiliki gaco yang berasal dari benda berbentuk pipih dan mudah dilempar. Selain menyenangkan permainan ini juga membawa banyak manfaat diantaranya:

  1. Melatih motorik kasar dan motorik halus

Gerakan melompat dalam permainan engklek mampu menggerakan sebagian besar otot dalam tubuh anak, terutama otot alat gerak. Gerakan inilah yang mampu melatih motorik kasar anak. Melempar dan mengambil gaco melibatkan sebagian kecil otot anak, sehingga gerakan ini dalam melatih kemampuan motorik halus anak.

  1. Melatih aspek sosial emosional

Permainan engklek harus dimainkan minimal 2 anak, oleh karena itu dalam setiap bermain anak harus berinteraksi dengan lawan mainnya. Selain itu anak juga harus menerima kekalahan apabila ia melakukan kesalahan. Hal ini baik untuk melatih sikap sosial anak kepada sekitar dan melatih emosi dalam diri anak.

  1. Stimulus kecerdasan kinestetik

Anak tidak hanya menggerakkan tubuhnya namun harus mampu mengkoordinasikan dengan benda sekitar. Seperti tidak boleh menginjak garis dan mampu melempar benda tepat sasaran, menjaga keseimbangan tubuh ketika bermian.

Manfaat diatas dibutuhkan setiap anak tanpa membedakan antara anak laki – laki dan perempuan. Anak – anak yang tinggal di desa terbiasa bermain engklek secara bersama – sama tanpa membedakan gender. Hasilnya pun cukup seimbang antara anak perempuan dan anak laki – laki.

Meskipun permainan engklek banyak membutuhkan tenaga dan melatih motorik kasar anak namun hasilnya anak laki – laki tidak selalu unggul dibanding anak perempuan. Untuk memenangkan permainan ini dibutuhkan ketepatan dalam mengambil langkah, dan menjaga keseimbangan tubuh.

Pada dasarnya, Jenis gender tidak mempengaruhi permainan engklek karena setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk mencoba dan memenangkan permainan ini. Permainan engklek juga tidak menghilangkan sikap maskulin pada diri anak laki – laki maupun sikap feminim pada diri anak perempuan. sehingga manfaat dari permainan ini dapat mestimulus perkembangan setiap anak.

reogify.id

REOGIFY

Research on Game and Pervasive Play

fbIcontwitterIconinstagramIconyoutubeIcontiktokIcon