Sobyung, Permainan Sederhana Dengan Beragam Manfaat

May 9, 2024

admin
admin
Ponorogo, Indonesia

Sobyung adalah permainan tradisional yang dapat menambah perbendaharaan kata anak. Nama lain permainan Sobyung ialah ABC lima dasar. Permainan ini dapat dimainkan oleh dua anak atau lebih. Tidak ada batasan usia dalam permainan ini, juga tidak ada pembatasan gender. anak laki –laki atau perempuan dapat bermain Sobyung secara bersama-sama atau secara terpisah, asalkan pemain berjumlah dua atau lebih.

Permainan sobyung tidak memerlukan alat dan dapat dilakukan dimana saja. Cara bermain Sobyung adalah dengan duduk melingkat kemudian setiap pemain akan mengeluarkan jarinya. Jari yang dikeluarkan setiap pemain bebas, terserah keinginan setiap pemain. jari seluruh pemain akan dihitung namun tidak menggunakan urutan angka melainkan urutan abjad. Abjad terakhir yg digunakan untuk menghitung jari, adalah abjad yang akan digunakan untuk permainan. Misalnya jari seluruh pemain berjumlah delapan, urutan abjad ke delapan adalah H. maka setiap pemain harus menyebutkan kosa kata berawalan huruf H seperti Harimau, Hujan, Hutan dll.

Lalu bagaimana jika ada anak yang tidak bisa menyebutkan kosakata yang sesuai? Ada dua pilihan, yaitu anak tersebut tidak dapat mengikuti putaran permainan selanjutnya atau menyebutkan kosakata dari huruf A-Z.  Aturan ini sebenarnya tidak mutlak, tergantung bagaimana kesepakatan diawal permainan. Untuk kelompok anak usia 4-6 tahun, apabila salah satu pemain tidak dapat menyebutkan kosakata yang tepat maka tidak mendapat hukuman. Jadi  aturan permainan ini fleksibel dan dapat diubah sesuai kesepakatan bersama.

Namun biasanya ketika ada pemain yang kesulitan menyebut kosa kata dengan huruf tertentu, ia akan mencoba dahulu dengan melakukan plesetan pada suatu kata. Hal inilah yang membuat permainan ini lucu dan menggembirakan.

Sebenarnya permainan Sobyung tidak hanya membawa kesenangan ketika bermain, namun juga berguna untuk pengenalan abjad dan menambah kosakata anak. Dalam permainan sobyong juga melatih keterampilan bersosialisasi pada anak. Anak belajar untuk mengikuti aturan, menjalin komunikasi dua arah dengan teman – temannya juga berlatih untuk bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Meskipun permainan Sobyung sangat sederhana, namun proses yang terjadi selama permainan membawa manfaat yang kompleks bagi perkembangan anak. (dep/1.12)

reogify.id

REOGIFY

Research on Game and Pervasive Play

fbIcontwitterIconinstagramIconyoutubeIcontiktokIcon