Ketahanan Sosial Melalui Gamifikasi dan Musik

May 9, 2024

admin
admin
Ponorogo, Indonesia

Tim ACES Indonesia telah melaksanakan Workshop Series #2 pada hari Sabtu, 19 September 2020. Workshop series #2 dengan tema “Energize Your Class With Gamification And Music” berlangsung meriah di Laboratorium Reogify Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Workshop tersebut diikuti Pendidik dari berbagai Lembaga PAUD di Kabupaten Ponorogo secara langsung.

Dengan tetap mengadaptasi kebiasaan baru dalam menghadapi Pandemi Covid-19, workshop series #2 berlangsung secara offline dan online. Peserta yang mengikuti workshop secara offline diwajibkan menggunakan masker dan tetap menjaga jarak saat mengikuti acara hingga selesai. Sedangkan peserta secara online dapat mengukuti acara Workshop Series #2 melalui akun youtube Reogify.

Dalam kesempatan ini, Tim ACES Indonesia juga menunjuk beberapa Pendidik PAUD sebagai Ambassador ACES di Indonesia. Diharapkan Ambassador ACES Indonesia ini akan menularkan pengetahuan dan pengalaman selama mengukuti kegiatan Reogify kepada pendidik di sekitarnya.

Materi dalam Workshop series#2 yaitu : 1) Bermain musik dan pengembangannya untuk Ketahanan Sosial dalam Pembelajaran dan 2) Peran Gamifikasi dalam pembelajaran yang menyenangkan. Dalam materi bermain musik, para peserta dapat mencoba memainkan alat musik berbasis aplikasi makey – makey. Sedangkan materi gamifikasi menggunakan permainan Lego yang mudah didapatkan di berbagai lembaga sekolah namun tetap dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.

Dalam workshop series #2 peserta dapat merasakan langsung pengalaman bermain yang menyenangkan dan bermakna, serta membentuk ketahanan sosial dalam pembelajaran. Para peserta juga menantikan workshop series selanjutnya yang diadakan Tim ACES Indonesia.

reogify.id

REOGIFY

Research on Game and Pervasive Play

fbIcontwitterIconinstagramIconyoutubeIcontiktokIcon