Mengenal Lompat Tali, Permainan Berlevel yang Mengenalkan Kesetaraan Gender Sejak Dini

May 9, 2024

admin
admin
Ponorogo, Indonesia

Permainan Lompat tali merupakan salah satu permainan tradisional yang mengasah fisik motorik anak. permainan ini banyak digemari anak – anak karena memiliki level permainan yang menantang. Permainan lompat tali biasanya dimainkan oleh anak perempuan, namun tak jarang anak laki – laki ikut bermain karena merasa tertantang untuk menunjukkan kehebatan dan ketangkasan mereka.

Tempat bermain lompat tali biasanya di tanah lapang, teras rumah, atau didalam ruangan. Alat diperlukan adalah tali elastis yang terbuat dari barisan karet gelang. Penggunaan karet gelang yang elastis sebagai tali permainan disebabkan elastis dan lentur sehingga mengurangi cidera dalam permainan.

Permainan lompat tali dapat dimainkan jika jumlah pemain lebih dari 2 orang anak. mengapa harus lebih dari 2? Karena dua anak akan bertugas sebagai pemegang tali, dan sisanya akan bermain. Apabila ada pemain yang gagal dalam melewati tantangan maka ia akan bergantian menjadi petugas pemegang tali. Semakin banyak jumlah pemain maka semakin seru permainan ini.

Jika dilihat sekilas, permainan lompat tali terlihat sepele. Ketika pemain berhasil melewati tantangan dalam suatu level, maka level yang lebih sulit menanti untuk ditaklukkan. Beberapa manfaat yang didapat dari permainan lompat tali adalah

  • Nilai kerja keras: nilai kerja keras tercermin dari semangat para pemain yang berusaha melompati tali dengan berbagai macam ketinggian.
  • Nilai ketangkasan dan kecermatan: nilai ketangkasan dan kecermatan tercermin dari usaha pemain untuk memperkirakan tingginya tali dengan lompatan yang akan dilakukannya. Ketangkasan dan kecermatan dalam bermain hanya dapat dimiliki apabila seseorang sering bermain atau berlatih lompat tali.
  • Nilai sportivitas: nilai sportivitas tercermin dari sikap pemain yang tidak berbuat curang dan bersedia menggantikan pemegang tali apabila melanggar peraturan yang telah ditetapkan dalam permainan.

Dalam permainan lompat tali lebih banyak mengasah kekuatan, ketangkasan dan strategi menyelesaikan tantangan dalam setiap level. Baik anak laki – laki atau perempuan dapat bermain bersama dan menunjukkan kehebatan mereka hingga level terakhir. Kesetaraan gender jelas tertanam dalam permainan ini. tidak ada perbedaan tantangan dari masing – masing level untuk anak laki – laki ataupun perempuan. semua harus menyelesaikan permainan ini. (dep/15.02)

reogify.id

REOGIFY

Research on Game and Pervasive Play

fbIcontwitterIconinstagramIconyoutubeIcontiktokIcon