Melatih Anak Mengendalikan Teknologi

May 9, 2024

admin
admin
Ponorogo, Indonesia

Mengenalkan teknologi kepada anak memang harus terarah dan membawa manfaat bagi tumbuh kembang anak. jika hal ini tidak terpenuhi, bisa saja anak – anak ketagihan bermain dengan gawainya. Akhirnya, anak akan dikendalikan oleh Teknologi.

Dewasa ini banyak kita jumpai berbagai macam alat permainan edukatif dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya Flashcard 4D yang diliris Octagon Studion. Flashcard yang dirilis memiliki beberapa series seperti animal, occupation, space dan humanoid.

Dalam setiap series, anak – anak akan diminta untuk mengunduh aplikasi sesuai dengan series yang dimiliki. Setelah aplikasi berhasil teruduh kemudian diminta untuk registrasi memasukkan serial number yang ada pada lembar petunjuk. Baru kemudian anak – anak dapat memindai gambar yang akan direfleksikan pada layar gawai. Ilustrasi pada gawai berisikan informasi sederhana terkait objek gambar, gambar juga dapat bergerak, diperbesar bahkan diwarnai.

Flashcard 4D ini dapat menciptakan suasana belajar yang nyata bagi anak. Materi-materi yang kompleks dapat disampaikan kepada anak secara nyata dan rinci dengan melihat ilustrasi pada layar gawai. Hal ini juga mengurangi kesalahpahaman anak dalam menerima informasi. Dengan ilustrasi yang terlihat nyata dan dapat bergerak juga berpengaruh pada durasi konsentrasi anak menjadi lebih lama.

Dengan beberapa kemudahan yang dirasakan di atas, kami berhadap teknologi semacam ini dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah. Buku paket pelajaran dapat diubah menjadi kartu-kartu Flashcard dan untuk menampilkan informasi secara detail anak dapat mengakses melalui aplikasi di gawainya.

Meskipun teknologi juga membawa dampak buruk, tapi kita tidak dapat membendung perkembangannya. Oleh karena itu, kita juga harus ikut maju untuk dapat memanfaatkannya secara optimal

reogify.id

REOGIFY

Research on Game and Pervasive Play

fbIcontwitterIconinstagramIconyoutubeIcontiktokIcon