Melatih Kecerdasan Logika Matematika dengan Catur Jawa

May 9, 2024

admin
admin
Ponorogo, Indonesia

Keberagaman budaya di Indonesia juga tercermin dalam beragamnnya permainan tradisional. Permainan tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia tidak hanya permainan untuk melatih fisik atau ketangkasan, namun juga melatih logika dan strategi. Salah satu permainan yang lebih banyak melatih strategi pemain adalah Permainan Bas – Basan. Permainan ini kadang disebut juga Dam-Daman.

Permainan ini dimainkan pada bidang datar yang telah diberi garis dengan pola tertentu dan beberapa batu yang fungsi sebagai pion. Terdapat dua jenis bas – basan yang biasa dimainkan anak – anak yaitu: bas – basan biasa dan bas – basan sepur. kedua permainan ini memiliki perbedaan pada jumlah pion dan bentuk garis permainan. Namun keduanya membutuhkan strategi untuk bermain dan mengalahkan lawan.

Permainan ini pada dasarnya hampir sama dengan permainan catur, yaitu memakan pion lawan sebanyak – banyaknya agar dapat memenangkan permainan. Maka dari itu, Permainan ini sering dijuluki Catur Jawa. Yang membedakan Bas-Basan dengan permainan catur adalah setiap Pion pada permainan bas –basan memiliki kesempatan yang sama untuk berjalan dan menyerang pion lawan. Hal ini jelas berbeda dengan permainan catur yang cara berjalannya berbeda- beda.

Agar bisa memenangkan permainan, pemain harus menyusun strategi dalam menyerang maupun mempertahankan pion yang dimiliki. Dalam proses menyusun strategi inilah kecerdasam Logika Matematika anak mulai terasah. Secara tidak langsung anak dihadapkan pada masalah dan diberi kesempatan untuk menemukan solusinya (Problem solving). Anak juga melakukan alur berpikir yang panjang dan membaca pola gerakan lawan.

Melalui permainan Catur Jawa ini, kecerdasan logika matematika anak akan terasah dengan cara yang menyenangkan. Anak akan mulai terlatih untuk memecahkan masalah, melakukan penalaran panjang dan membaca pola-hubungan. Anak – anak yang kemampuan logikanya terasah sejak dini lebih mudah menerima pelajaran matematika ketika sudah bersekolah. Melalui permainan tradisional Bas-Basan/Dam-daman yang sederhana, dapat memberikan manfaat yang luar biasa.

reogify.id

REOGIFY

Research on Game and Pervasive Play

fbIcontwitterIconinstagramIconyoutubeIcontiktokIcon