Menanamkan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran STEM Melalui Materi Alami

May 9, 2024

admin
admin
Ponorogo, Indonesia

Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dalam pendidikan dinilai mampu memenuhi tuntutan sumber daya manusia berkualitas yang mampu bersaing secara global di masa depan. Anak dilatih untuk mencari solusi setiap permasalahan dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis, memanfaatkan teknologi, dan memiliki keterampilan ilmiah. Penerapan pendekatan STEM tentunya harus disesuaikan dengan tingkat tumbuh kembang anak, usia, dan tingkat pendidikan.

STEM dapat dikenalkan sejak dini dengan peralatan yang sederhana dan mudah ditemukan, salah satunya adalah bahan alam. Melalui pendekatan STEM dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, anak-anak dapat lebih mengenal lingkungannya sehingga menimbulkan rasa cinta terhadap lingkungannya, khususnya sumber daya alam.

Pemanfaatan bahan alam dalam penerapan STEM bermacam-macam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak. Betty Yulia Wulansari, M.Pd., dosen PG PAUD Universitas Muhammadiyah Ponorogo, mendemonstrasikan beberapa proyek STEM menarik dengan menggunakan bahan alami.

Selain murah dan mudah didapat, bahan alami juga dapat meningkatkan daya tarik anak untuk bereksplorasi dan memecahkan masalah. Untuk melihat keseruan bagaimana proyek STEM dibuat dari bahan-bahan alami, kalian bisa nantikan Channel Youtube Reogify.

reogify.id

REOGIFY

Research on Game and Pervasive Play

fbIcontwitterIconinstagramIconyoutubeIcontiktokIcon