I-HEDU: Membangun Akses Inklusif bagi Mahasiswa Disabilitas di Pendidikan Tinggi Indonesia

September 15, 2024

admin
admin
Ponorogo, Indonesia

Proyek I-HEDU bertujuan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa disabilitas di universitas-universitas di Indonesia dengan menciptakan jalur menuju pendidikan tinggi yang inklusif serta menyebarkan praktik-praktik terbaik. Saat ini, proyek ini berada di Fase 2 (program I-HEDU), setelah sebelumnya menyelesaikan Fase 1 yang berfokus pada pemetaan visi dan kebutuhan. Dengan pendekatan kolaboratif, I-HEDU berupaya memastikan bahwa pendidikan tinggi di Indonesia lebih mudah diakses oleh semua kalangan, terutama mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Sejak Januari 2024, kami telah secara aktif bekerja untuk mencapai dua tujuan utama. Untuk Tujuan 1 (O1), yang berfokus pada pendirian I-HEDU dan penciptaan jaringan inklusif yang melibatkan penyandang disabilitas (PwD), orang tua, akademisi, LSM, dan tokoh masyarakat untuk mengatasi tantangan aksesibilitas pendidikan tinggi, kami berhasil melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Ini termasuk mendapatkan komitmen dari Kementerian Pendidikan serta pendanaan tambahan yang akan membantu memperluas cakupan kerja kami. Langkah-langkah ini merupakan fondasi penting dalam memperkuat jaringan dan kapasitas I-HEDU.

Sementara itu, untuk Tujuan 2 (O2), yang berfokus pada pemahaman kebutuhan beragam dari penyandang disabilitas di universitas-universitas Indonesia, kami telah melakukan investigasi mendalam mengenai kebutuhan tersebut. Hal ini akan menjadi fokus utama di Fase 2, yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesuksesan mereka dari segi pedagogis, budaya, sosial, teknologi, dan fisik. Proyek ini menekankan pentingnya pendekatan holistik dalam memastikan inklusivitas pendidikan tinggi di Indonesia.

reogify.id

REOGIFY

Research on Game and Pervasive Play

fbIcontwitterIconinstagramIconyoutubeIcontiktokIcon